Inovasi Polres Pelabuhan Tanjung Perak, SPKT Door to Door

SURABAYA (halopolisi.com) – Polres Pelabuhan Tajung Perak menggelar soft launching SPKT Door to Door di lapangan apel. Kegiatan ini dipimpin langsung Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Antonius Agus Rahmanto, S.I.K, Msi, yang dihadiri oleh Wakapolres Kompol Achmad Faisol Amir, S.I,K, Msi, para Kapolsek jajaran, para pejabat utama (PJU) dan para perwira Polres.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak menyampaikan, program SPKT door to door bertujuan untuk membantu masyarakat agar lebih mudah membuat laporan polisi karena kehilangan surat-surat, seperti SIM, KTP, STNK ataupun yang lainnya.

“Dengan adanya SPKT door to door ini, masyarakat tidak perlu datang ke Polsek ataupun Polres. Cukup telepon, anggota SPKT akan datang,” ujarnya.

Kapolres juga menyampaikan, bukan berarti dengan adanya SPKT door to door ini, masyarakat tidak boleh melapor ke Polres.

“Tetap kami persilahkan pada masyarakat yang mau membuat laporan langsung ke Polres Pelabuhan Tanjung Perak. SPKT door to door ini hanya memudahkan saja. Tetap boleh masyarakat datang ke Polres,” ungkapnya.

Melalui terobosan ini, petugas SPKT akan datang ke rumah si pelapor, yang nantinya masyarakat atau si pelapor bisa langsung tandatangan surat laporan tersebut di rumahnya.

“Petugas SPKT akan mengetik lewat HP mengenai data-data si pelapor. Termasuk menanyakan kronologis kehilangan. Kemudian hasil ketikan itu diprint dan distempel. Jadi, petugas SPKT sudah bawa alat print dari kantor. Tidak bolak-balik lagi. Stempel juga bawa,” ungkapnya.

Dengan adanya kemudahan ini, Kapolres berharap masyarakat yang merasa kehilangan dompet yang berisi surat-surat penting, bisa langsung membuat laporan. Tidak perlu menunda-nunda lagi.

Saat itu juga disimulasikan bagaimana awalnya masyarakat menghubungi Polres dan menyampaikan keluhannya secara singkat melalui telepon, sampai kemudian petugas datang ke rumahnya untuk mengetik laporan kehilangan.

“Mungkin dimana-mana belum ada yang seperti kami lakukan. Ini merupakan terobosan yang bagus yang kami ciptakan sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” terang Kapolres.

Dalam kesempatan itu, Kapolres melakukan pemotongan pita, sebagai tanda mulai efektifnya SPKT door to door.(hp tanjung perak/ziz)