Lantamal V Resmikan Masjid Al Ittihad Komplek TNI AL Semolowaru Bahari

SURABAYA (halopolisi.com) – Untuk mendukung peningkatan iman dan takwa di kalangan prajurit dan keluarga, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut V (Lantamal V) meresmikan selesainya pembangunan Masjid Al Ittihad yang berlokasi di Komplek TNI AL Semolowaru Bahari, Jl. Medokan Semampir Blok K/1A Surabaya, Jumat (8/2/2019).

Aspers Danlantamal V, Kolonel Laut (P) Nazarudin mewakili Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Edwin, S.H,.M.Han. meresmikan dengan melakukan pengguntingan pita sebagai simbolisasi resminya penggunaan tempat ibadah milik umat Islam ini.

Tampak hadir diantara 300 undangan antara lain Kadisminpers Lantamal V, Perwakilan Kasatker Jajaran Lantamal V, Camat Sukolilo, Danramil Sukolilo, Wakapolsek Sukolilo, Kepala KUA Sukolilo, Ketua MUI Kec.Sukolilo, Lurah Medokan Semampir, Ketua LPMK, Tomas dan Toga Medokan Semampir, Ketua Takmir Masjid, Ketua RT dan RW Medokan Semampir.

Komandan Lantamal V dalam sambutannya yang dibacakan Aspers Danlantamal V mengatakan, masjid pada masa Rasulullah di samping digunakan sebagai tempat ibadah, menyelesaikan berbagai persoalan umat, juga menjadi pusat pemberdayaan masyarakat.

Seiring dengan pertumbuhan dan tantangan perubahan zaman yang semakin cepat, pengelola masjid dituntut menjalankan manajemen yang baik dan terbuka. Manajemen atau pengelolaan yang baik, lanjutnya, diperlukan untuk mewujudkan kemakmuran sebuah masjid, tergantung pada bagaimana mengelola dan memperdayakan masjid dengan sebaik-baiknya.

“Kita patut bersyukur telah memiliki masjid yang indah ini, sehingga dapat menambah kekhusyuan dalam beribadah sekaligus meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT,” terangnya.

Fungsi utama masjid sebagai tempat ibadah lanjutnya, tentu saja harus diisi dengan berbagai kegiatan yang bernuansa keagamaan. shalat, dzikir dan kegiatan membaca Al Quran adalah bagian dari uapaya memakmurkan masjid sebagai tempat ibadah kepada Allah SWT, namun demikian masjid sebagai pusat peradaban umat harus lebih diberdayakan melalui berbagai kegiatan keumatan yang dapat menciptakan dan membawa kemasahalatan umat.

“Saya sangat berharap kepada seluruh warga Sedokan Semampir dan sekitarnya agar dapat memanfaatkan dengan sebaikbaiknya, dan hendaknya dapat dijadikan tempat untuk memotivasi terbinanya kerukunan hidup antar umat beragama, di tengah kehidupan bangsa yang majemuk demi kokohnya persatuan dan kesatuan bangsa,” pungkasnya.(lantamal5/ziz)