Polres Pelabuhan Tanjung Perak Peringkat Pertama Hasil Survei Tingkat Kepuasan Masyarakat

SURABAYA (halopolisi.com) – Polres Pelabuhan Tanjung Perak menduduki peringkat pertama hasil survei dari berbagai lembaga survei nasional sebagai Polres yang berlokasi di fasilitas umum yang dapat memberikan kepuasan dalam hal pelayanan serta index kepercayaan masyarakat.

Posisi ini mengalahkan lima Polres lainnya, yakni Polres Kawasan Pelabuhan Makassar, Polres Pelabuhan Belawan, Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Polresta Bandara Soekarno Hatta dan Polresta Barelang.

Polres Pelabuhan Tanjung Perak meraih persentase 92,09 persen untuk kepuasan masyarakat dan 96,67 persen untuk index kepercayaan.

Penilaian ini jauh di atas Polres Kawasan Pelabuhan Makkassar yang menduduki posisi kedua dengan persentase kepuasan masyarakat hanya sebesar 86,87 persen dan tingkat kepercayaan 93,33 persen. Hasil ini merupakan penilaian survei terbaru yang mulai dirilis pada tanggal 1 Pebruari 2019.

Seperti diketahui, untuk mewujudkan Polri yang Promoter (Profesional, Modern dan Terpercaya) sesuai visi Kapolri, Jenderal Pol M Tito Karnavian, berbagai upaya telah dilakukan. Termasuk perbaikan kinerja, kultur, pengelolaan media dan penanganan isu-isu terkini. Semua Polres berlomba-lomba untuk meraih predikat terbaik dalam urusan kepuasan dan kepercayaan masyarakat.

Upaya seperti optimalisasi layanan publik dan penegakan hukum berbasis TI, peningkatan presentase crime clearance, sampai pendekatan humanis dalam menangani isu-isu yang terjadi merupakan contoh yang dilakukan untuk mewujudkan personil Polri yang Promoter. Selain itu, masukan publik juga menjadi perhatian para pimpinan di Polres-Polres.

Untuk survei secara keseluruhan, bahkan melibatkan lembaga survei kelas internasional, dimana Polri menduduki peringat ke 9 dari total kepolisian yang ada di 142 negara dalam hal keamanan.

Untuk survei penilaian kinerja kepolisian oleh lembaga survei nasional, dilakukan terhadap 29.250 penduduk yang berasal dari 34 Polda dan 461 Polres se-Indonesia.

Adapun responden yang dilibatkan terdiri dari responden pria dan wanita, rata-rata berusia 21-25 tahun, dan level pendidikan mayoritas SMA atau setingkat SMA. Untuk menjaga objektivitas, responden yang terpilih dipastikan tidak memiliki keluarga yang bekerja di Kepolisian.

Menurut Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Antonius Agus Rahmanto, S.I.K, Msi, hasil survei yang menyatakan Polres Pelabuhan Tanjung Perak menduduki peringat pertama untuk kategori Polres yang berada di fasilitas umum ini patut dibanggakan.

“Tapi, bukan berarti kita berhenti di sini. Pelayanan masyarakat harus terus ditingkatkan,” ujarnya.(hp tanjung perak/ziz)