AKBP Arsal, Penggemar Olah Raga Beladiri Ruyung

Tidak ada komentar 181 views

LUMAJANG (halopolisi.com) – Sosok Kapolres Lumajang, AKBP Dr. M. Arsal Sahban, SH, Sik, MM MH memang milenialis, di samping masih kelihatan muda, alumni Akpol 98 ini juga smart dalam pergaulan alias supel. Bertemu dengan siapapun, pria kelahiran Jakarta ini cepat akrab.

Namun, di balik itu semua, AKBP Arsal juga ahli bela diri, salah satu keahliannya adalah bermain ruyung (dobel stik), senjata khas aktor laga tahun 80-an Bruce Lee. Hal itu tampak dari video yang beredar di Medsos saat Arsal dengan lincah dan cekatan memainkan senjata ruyung laksana aktor laga.

“Biasa saja mas, ndak mahir kok, cuma bisa main, kebetulan saja sejak usia sekolah dasar saya sudah latihan berbagai macam beladiri seperti taekwondo, silat panca daya, Silat Merpati putih, dan kungfu untuk olah raga,” ujar Kapolres Lumajang, AKBP Arsal Saban.

Begitu senangnya dengan olahraga bela diri, Arsal saat SMA sempat membuat perguruan silat merpati putih dengan diawali latihan di dalam garasi mobil bersama teman-temannya.

“Karena ayah dulu seorang KKO (Marinir) jadi satu keluarga sejak kecil diajari ilmu bela diri, di samping untuk olah raga juga untuk bekal menjaga diri,” ujarnya.

Penggemar musik pop ini mengaku jika ruyung (dobel stik) dan toya adalah favoritnya saat latihan dulu.

“Ruyung atau double stick dan toya serta latihan pernapasan dulu menu latihan rutin, namun sempat terhenti ketika saya masuk pendidikan Akpol,” kata Arsal.

Menurut penggemar masakan ikan dan sayur ini, suka-duka dalam belajar ruyung butuh kesabaran, baik sabar dalam belajar maupun sabar terbentur ruyung.

“Kuncinya sabar dan tabah, tabah menerima benjolan karena terantuk kayu stik ketika latihan. Beberapa kali kepala dan siku benjol,” kata Arsal sambil tertawa.

Menurut Arsal, untuk menjaga stamina dan mencari inspirasi, di sela kesibukan sebagai Kapolres Lumajang, dirinya rutin berolahraga beladiri dan main ruyung.

“Ayo mas, kalau mau sama-sama belajar, niatnya untuk olah raga saja biar sehat,” pungkasnya.(den/ziz)