Polrestabes Surabaya Bahas Rencana Pembangunan Underpass Bundaran Waru Bersama Dishub

SURABAYA (halopolisi.com) – Jajaran Satlantas Polrestabes Surabaya mengikuti rapat bersama di kantor Dishub Kota Surabaya, Kamis (15/8/2019). Rapat membahas rencana pembangunan underpass di Bundaran Waru guna mengatasi kemacetan lalu lintas.

Rapat dihadiri oleh Kadishub Kota Surabaya, BPTD Wilayah IX Provinsi Jawa Timur, Ditlantas Polda Jatim, DLLAJ Provinsi Jawa Timur, Dinas PU Bina Marga Provinsi Jawa Timur, Dinas PU Bina Marga Kabupaten Sidoarjo, Kanit Turjawali Satlantas Polrestabes Surabaya, Dinas PU Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Surabaya, Dinas PU Bina Marga Kota Surabaya, Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Kota Surabaya, PT. Citra Margatama (Tol Waru-Juanda) bertempat di Kantor Dishub Kota Surabaya.

Pembangunan underpass diusulkan oleh jajaran Polrestabes Surabaya untuk meningkatkan pelayanan jalan di Bundaran Waru. Adanya weaving (persilangan arus lalu lintas) pada Circle Selatan dan Circle Barat menyebabkan kemacetan, baik yang berdampak pada Sidoarjo dan Surabaya khususnya pada jam-jam puncak (peak hours).

Pertemuan yang terjadi pada pagi hari yaitu di Circle Selatan adanya pertemuan dari arah selatan menuju ke barat dengan dari arah selatan menuju ke utara dan Circle Barat adanya pertemuan dari arah barat menuju ke selatan dengan dari arah selatan menuju ke utara.

Permasalahan lalu lintas pada umumnya seperti kemacetan sering terjadi pada daerah perkotaan. Berbagai langkah-langkah upaya guna mengurangi kemacetan telah dilakukan oleh Satlantas Polrestabes Surabaya seperti melakukan kegiatan preemtif dan preventif. Kegiatan preemtif yaitu mengimbau melalui penerangan keliling agar sepeda motor menggunakan lajur kiri dan preventif seperti melakukan penjagaan, pengaturan, dan patroli.(hp restabes/ziz)